Saturday, February 04, 2006

Dolous Floating Library

Udah hampir seminggu mereka sandar di Abu Dhabi, baru aja sempet nganter si semata wayangku ini ke Mina Zayed untuk lihat Floating Library.
Sesuai judulnya, nah kapal ini yang dinamakan Floating Library.
Tapi bukan perpustakaan sebetulnya, jualan buku lebih tepatnya.
Mungkin bagusan dibilang Floating Book Store kali yeee. Kapalnya namanya Doulos, kelihatan dari namanya sih dari Yunani.

Tapi karena dibawah bendera UN, jadinya jualan buku disini gak kena pajak, dan bukunya emang asli murah2 dibanding kalau kita beli di toko buku.
Menurut kabar sih kapal ini karena keliling dunia terus, jadi mampir Abu Dhabinya lamaaaa sekali baru bisa datang lagi, dan katanya lagi 30 tahun lalu kapal ini pernah mampir di Abu Dhabi.
Ah gak kebayang ya Abu Dhabi 30 tahun yang lalu....


Papa dan Bamby....tunggu atuh, aku kan mau bikin foto dulu, susah neh, gelap dan bayak orang, entar kefoto wajah2 tak dikenal kan gak lucu....
Kalau dilihat dari kantong yang dibawa pengujung yang pulang banyak betul yang dibeli.
Wah pada borong buku ya ? Mana majority yang datang orang2 India deh, hebat banget ya mereka tuh sadar banget ama perlunya baca buku.

Wah nak kalau kamu mah bisa lari aja naik tangga, nah mama rada takut neh, lihat aja tangganya model gini, udah mah nanjak, model tangganya antik amir sih......
Untung gak pake sepatu aneh2, kebayang yang pake sepatu hak tinggi, gak jadi deh naik kayaknya....

Lihat deh banyaknya pengunjung, betul2 ngantre mau bayar aja, dan memang buku2 yang dijual juga bagus2....dan memang laper mata deh lihatnya, abis selain bagus2 juga murah sih.
Selain stand buku ada juga stand permaianan cuman kagak bisa difoto, soale penuh banget orang, yang nyuri2 kesempatan buat difoto ya stand makanan ini.
Juga penuhnya ampun2an padahal cuman jual es krim ama popcorn tapi yang namanya orang tuh jajan kayaknya kudu, sampe ngantre panjang dan kayaknya yang jualan udah kecapekan jadinya dimesin popcorn nya ditulis, "kalau popcorn dimesinnya udah kosong pls jangan tanya lagi apa masih ada ya ? karena mesin popcorn ini berusaha do his job...."
Lagian udah tau abis masih nanya, namanya juga usaha siapa tau kan?

Tetap aja yang namanya keselamatan mah nomer satu ya, life boatnya ada juga manualnya, dan memang demikian seharusnya kan ?

Dikapal ini memang awaknya saling sharing segala kerjaan karena mereka tuh berlayar bersama keluarga jadi kadang yang juru masak merangkap guru, atau yang guru lainnya merangkap dokter, pokoknya dikapal ini semua ada, karena memang mereka berlayarnya lama....baru kembali kedarat lagi.

Karena itu gak kaget kalau tiba2 dikabin kapal keluar anak2 kecil, nah itu keluarga mereka yang ikut dikapal ini.Kayaknya segala profesi memang campur semua disini, tapi yang pasti ahli pustakanya juga ada beberapa orang karena pilihan buku2 yang dijualnya itu mantap2, kalau mereka gak pinter milih buku2nya, gak akan seramai ini pengunjungnya.

Sementara bagian anjungan kapal tampak sepi dari pengunjung, kayaknya memang daerah sini mah gak boleh dikunjungi public, ntar pada minta difoto dengan gaya ala Leonardo de Caprio dalam Titanic......
Eh nak, ngintip apa sih koq seru amat kelihatannya ? bintitan lho ?

Sempet foto bareng salah satu petugas yang ada dikapalnya, terlihat amat lelah mereka tapi tetap ramah dan lihat teman2 mereka juga datang mampir karena memang awak kapal ini terdiri dari banyak bangsa yang begitu kompaknya mengelola toko buku ini, kan perlu dicontoh ya ?

Bagian belakang kapal, rupanya service area, ada mesin cuci dan mesin pengeringnya juga, wah ya enak deh kalau gitu gak perlu jemur pakaian...
Kan kebayang kalau harus jemur baju lalu pas angin kenceng, cuciannya kabur semua, apa gak besokkan nya ditemukan kapal yang isinya "orang gak pada pake baju by accident" tuh??? ( senyum gak sih bacanya ?)

Ini dua2 foto unik, Si Bamby mau nyoba main sepeda satu roda atau mau nyoba itu sepeda kecil ya ? jadi curiga?
Nah yang foto satu lagi ini, unik sekali, kok piknik sembarang tempat gitu, pas sebelahnya kapal besar ini sandar, eh bapak2 orang lokal ini dengan teman2nya menikmati hidangan malam.

Dan memang disini nih orang demen banget piknik, dimana aja yang menurut mereka enak pemandangannya ya gelar tiker or even pake kursi.
Mau ditaman kecil atau dipinggir jalan yang ramai sekalipun, asal ada rumput oke deh, apalagi ada pohon yang rindangnya, gak aman deh kalau week end pasti occupied duluan, pasti pada cepet2an nyari dibawah pohon.

Malah diAirport road dekat kantor polisi, kan ditengah jalan ada jalur hijaunya, kebetulan tuh jalur hijau agak besar,sampe ada pohonnya segala, wah kalau week end sore jadi favorite duduk2nya para pendatang dari Pakistan deh. Mana kabarnya duduk2 dalam kelompok ini udah ada perkumpulannya, kalau dikita mah kali kumpulan Jawa, kumpulan Sumatera dsb....
Pokoknya segala tempat compatible kayaknya untuk gelar2an tiker, just for relaxing atau sekedar ngobrol2 sesama teman atau piknik.
Rasanya dinegeri sendiri kalau piknik dimana aja gitu bisa kena usir polisi deh....

Pemandangan Pantai Corniche kearah kota dimalam hari, diambil dari Mina Zayed, indahnya kota Abu Dhabi.....

0 Comments:

Post a Comment

<< Home